Friday, October 10, 2014

Penyebab Trader Margin Call (MC)

Trading bagi trader pemula sangat memerlukan pembelajaran dan kreatifitas tinggi, untuk memperoleh peluang profit. Seperti pada saat Anda ingin menerapkan strategi yang aman agar sukses di dalam dunia trading. Keadaan yang fit pun Anda perlukan untuk menjaga pikiran tetap tenang supaya terhindar dari loss yang kadang melanda.
Banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat merasa nyaman untuk mengawali aktifitas trading dengan lebih semangat. Misalnya mendengarkan musik favorit, serta dengan mencari posisi duduk yang rilexs dapat membantu Anda berfikir lebih enak, atau bila Anda sudah merasa jenuh, beristirahatlah. Biarkan tubuh Anda santai tanpa terpengaruh oleh persoalan-persoalan trading.

Namun adakalanya apapun yang dilakukan untuk menjaga suasana hati dan kesehatan ketika ber-trading, Anda masih saja terjebak dalam situasi yang tidak menguntungkan. Misalnya saja terjebak kondisi Margin Call (MC). Dibanding faktor-faktor eksternal, hal-hal yang membuat seorang trader (baik pemula maupun yang telah berpengalaman) terjebak dalam MC adalah faktor internal. Seperti yang diulas di bawah ini.


Serakah
Tidak sedikit trader yang sering tidak mengindahkan banyaknya transaksi yang dilakukannya. Keputusan open posisi yang berlebihan menjadikan trader terlena hingga berhenti trading.
Trader akan terus melakukan transaksi walau sudah Take Profit (TP) dan terus melanjutkan pembukaan posisi kembali.

Apakah transaksi yang berlebih termasuk serakah? Transaksi yang terlalu banyak, tanpa mengindahkan aspek risiko yang ada pada trading akun adalah keserakahan. Ketika trader ingin melakukan trading namun dia tidak mengetahui strategi yang harus dijalani, maka itu adalah keserakahan. Ketika trader melakukan pembukaan posisi, namun menggunakan lot yang besar maka hal itu pun disebut sebagai keserakahan.

Jadi, keserakahan yang dilakukan seorang trader dapat dikategorikan ke dalam beberapa hal seperti di atas. Saat trader tersebut menyadari keserakahan tersebut, biasanya akun dia sudah mengalami floating yang besar. Saat seorang trader mengalami kerugian, di situlah dia baru menyadari bahwa trading yang dilakukannya selama ini merupakan bentuk dari rasa serakah untuk cepat menghasilkan profit.

Buanglah jauh-jauh sifat ingin cepat profit banyak tanpa tahu batas risiko pada pembukaan posisi Anda.


Takut
Faktor penghambat trading juga disebabkan karena takut. Takut untuk melakukan trading, takut untuk menghasilkan profit yang banyak, dan takut untuk rugi adalah faktor terbesar yang menyebabkan trader rugi. Faktor psikologis tersebut dapat menyebabkan trading yang dikerjakan tidak sesuai dengan realitas dan keadaan di market. Ketakutan membuat seorang trader jatuh ke dalam lubang kesalahan yang sama. Kuncinya adalah lupakanlah rasa takut Anda. Ubahlah rasa takut tersebut menjadi rasa penasaran dan berani untuk mengetahui market yang sebenarnya. Jangan jadikan rasa takut mendominasi keadaan saat Anda mulai menganalisa.



Salah Open Posisi
MC dikarenakan karena ada open posisi. Seandainya tidak ada pembukaan posisi pada akun, maka seorang trader tidak akan terjadi kehilangan modal. Kesalahan tersebut dikarenakan trader tersebut tidak tahu open posisi yang benar. Sehingga kesalahan open pada transaksi semakin besar. Jalan keluar untuk hal ini adalah menggunakan sistem untuk dapat mencari open position yang tepat, sehingga Anda dapat terhindar dari kerugian (loss) besar.


Sombong

Cara ini memang sangat ampuh membuat akun cepat MC. Lhoh apa hubungannya? Secara kasat mata sombong akan berpengaruh kepada mental. Sudah merasa jago dan merasa lebih pintar dari pada yang lain. Sehingga tidak akan menghiraukan market di depan monitornya mau bergerak kemana.
Dalam hati, toh setiap open pasti dapat profit. Akhirnya cenderung meremehkan deh transaksi dan analisa. Nah, selama sifat ini masih melekat pada diri sendiri, akan semakin susah untuk bisa bertahan dalam gelombang market. 1 minggu pertama bisa profit, dan profitnya tidak tanggung-tanggung, 100% per minggu. Wuih.. hebat! Dalam hati seakan sudah bisa menaklukkan market.


Pamer

Nah, kalau sudah bisa profit 100% biasanya akan mengatakan kepada dunia bahwa diri kita bisa profit besar loh. Dan hal ini perlu diperlihatkan di tempat singgahan. Misalnya kalau suka diforum ya di posting di forum, atau kalau suka di facebook ya di posting di facebook. Begitulah cara untuk memamerkan hasil trading sendiri. hehehe! Hal ini sebenarnya akan menjadi kesenangan sesaat. Kenapa? Karena setelah itu, kita akan trading seperti biasa. Karena kita sudah terlanjur memamerkan hasil trading dan sudah dianggap master oleh anggota forum, akhirnya kita akan lebih hati-hati. Kalau dulu sikat sana sikat sini profit, tapi sekarang malah ketakutan untuk open. Ujung-ujungnya MC deh...


Kesimpulan

Akun yang MC merupakan gejala dari beberapa penyebab yang bisa dikarenakan adanya rasa serakah, takut untuk cut loss, dan kesalahan dalam melakukan open posisi. Mengikuti sistem yang Anda gunakan merupakan syarat utama dalam memperoleh keuntungan. Kondisi MC terjadi ketika trader sudah melupakan rule sistem trading-nya sendiri.

No comments:

Post a Comment