Sunday, June 8, 2014

PT. Chitose Internasional, Tbk

COMPANY OVERVIEW
Perseroan merupakan salah satu produsen dan distributor papan atas untuk produk – produk di Indonesia dengan kapasitas produksi 1,3 juta unit di tahun 2013. Saat ini Perseroan adalah pemain terbesar yang memproduksi furnitur di Indonesia terutama di steel furniture.

Saat ini, Perseroan memiliki 22 distributor yang terbagi menjadi 5 direct-holding ,17 distributor dan 850 agen penjual yang tersebar di seluruh Indonesia, yang tersebar di DKI Jakarta, Jawa barat, Jawa Tengah, Jawa Timur & Bali, Sumatera dan Kalimantan.

Hingga saat ini Perseroan menawarkan lebih dari 300 tipe produk yang memudahkan konsumen untuk memilih barangyang disukai.

Prospek Usaha :
Dengan image yang kuat sebagai produsen furnitur yang berkualitas, Perseroan menguasai pangsa pasar furnitur di Indonesia mencapai 33%. Selain lokasi pabrik dan agen yang tersebar luas dan dekat dengan target pasar,
untuk mempertahankan keadaan Perseroan juga melakukan penambahan kapasitas produksi dan membuat produk – produk baru yang inovatif.

Keunggulan Kompetitif:
• Memiliki brand image produk yang kuat dengan produk yang berkualitas
• Mempunyai pengalaman lebih dari 35 tahun di industri furnitur
• “Chitose” dan “Yamato” sudah menjadi merek nasional
• Hubungan kerjasama yang kuat dengan perusahaan furnitur ternama di Jepang
• Kualitas produk dengan spesifikasi yang tinggi
• Jumlah produksi dan penjualan lebih dari 1 juta unit
• Range produk lebih dari 300 varian
• “Satu harga satu Indonesia”, tidak ada perbedaan harga di berbagai daerah di Indonesia

Chitose memiliki produk dengan merek Chitose dan Yamato yang telah menjadi brand awareness sejak cukup lama karena telah berpengalaman lebih dari 35 tahun serta pangsa pasar yang mendominasi untuk produk furnitur yang terdiri dari meja, kursi maupun rak untuk keperluan kantor, sekolah, rumah sakit hotel dan restoran dengan kualitas yang mumpuni.

Produk dari Chitose memiliki kualitas yang tinggi karena memiliki R&D dan quality control yang sangat ketat. Terdapat lebih dari 300 varian produk yang beredar di pasaran saat ini.
Karena tidak ada Emiten di Bursa Efek Indonesia yang bidang usahanya mirip dengan bidang usaha Perseroan yang dapat kita jadikan perbandingan secara peer to peer, maka kami membandingkan CHITOSE dengan Perseroan sejenisnya di Thailand yaitu Modernform Group yang bidang usahanya memproduksi dan mendistribusikan furnitur untuk perkantorandan perumahan dengan merek Moflex dan perlengkapan perabotan rumah dengan merek Klasse dan perabotan dapurdengan merek Kitchen. Pada 2013, dari rasio profitabilitas terlihat bahwa CHITOSE lebih unggul. Dimana Operating Profit
Margin (OPM) dan Net Profit Margin (NPM) dari CHITOSE sebesar 12 % dan 15 % yang lebih tinggi daripada Modernform yang hanya sebesar 9% dan 12 %. Dari sisi harga saham CHITOSE juga ditawarkan pada harga yang tidak terlampau tinggi di harga tertinggi Rp. 350 (Range harga Penawaran Rp. 320 – Rp. 350) tergambar dari angka PE nya yang hanya sebesar 8.3x (2013) dan PBV sebesar 1.89x (2013) sedangkan Modernform yang ditutup di harga Rp. 3202 di akhir tahun 2013 di perdagangkan pada PE 15.3x (2013) dengan PBV 2.42x.

Memang CHITOSE mencetak pertumbuhan kinerja yang meningkat dari tahun ke tahun baik dari segi revenue maupun laba bersihnya. Perbandingan Hutang dengan ekuitas Perseroan tidak terlalu tinggi jika dilihat dari DER di 2011 sebesar 0.7x dan menurun ke 0.4x di 2013. Jika dilihat secara PBV dan PE tahun 2013 harga penawaran saham Perseroan masih relative rendah dari Perusahaan peer nya yang memiliki PBV
(2.42x) dan PE (15.3x). Current Ratio di atas angka 2 sejak tahun 2011 - 2013 juga mencerminkan kesehatan Perseroan dalam mengelola keuangan operasionalnya sehari hari. Nilai ROE nya yang sebesar 22.8 % (2013) juga menunjukkan imbal hasil yang dihasilkan perseroan cukup menarik dan layak
dijadikan investasi.

Untuk itu kami memberikan rekomendasi BUY dengan pertimbangan investasi jangka panjang karena secara fundamental masih memiliki potensial gain yang cukup besar dimana Perseroan berencana untuk membangun pabrik baru untuk menambah kapasitas produksi serta memperkuat penetrasi pasar dengan segmentasi retail melalui pembangunan flagship shop.

No comments:

Post a Comment