Sunday, May 4, 2014

D x P 239, Varietas Super Asal PPK




 

Ingin mendapatkan hasil TBS dan minyak yang tinggi, maka varietas D x P 239 adalah pilihannya. Bahkan dalam waktu 4 tahun jenis sawit unggul ini sudah bisa memberikan hasil hingga 30,5 ton TBS/ha/ tahun.

Varietas unggul yang diproduksi oleh Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Medan ini dapat menghasilkan 8,4 ton CPO/ha/tahun, bahkan pada beberapa persilangan mampu menghasilkan sampai 9,7 ton CPO/ha/tahun. Keunggulan lainnya adalah memiliki kandungan PKO yang tinggi dengan potensi hingga 1,3 ton PKO/ha/tahun.


Untuk hasil buah, selain keunggulan yang sudah disebutkan di atas, varietas ini juga bisa menghasilkan tandan dengan bobot rata-rata pada umur 6 sd 9 tahun mencapai 17,2 kg. Dengan potensi produksi bisa mencapai 32,6 ton TBS/ha/tahun.
 

Varietas ini memiliki kecepatan meninggi 62.5 cm/tahun, sudah mulai berbuah pada umur 14 bulan dan dapat dipanen pada umur 28 bulan. Sedangkan untuk kerapatannya, varietas ini bisa ditanam hingga populas 143 per ha. 

Melihat keunggulan yang dimiliki maka D x P 239 tidak hanya menguntungkan pekebun karena produksi TBS yang cukup besar, juga bagi pabrik karena kandungan minyaknya yang tinggi.

No comments:

Post a Comment