Friday, December 20, 2013

Resep-Resep Obat” untuk Pengendalian Gulma" GUSBENSOL

Jumlah merk dagang herbisida yang beredar di pasaran semakin beraneka macam, terutama herbisida dengan bahan aktif glifosat. Peningkatan ini seiring dengan semakin banyaknya jumlah perusahaan agrokimia dan semakin banyaknya impor produk bahan aktif herbisida yang masuk ke Indonesia. Hal ini terjadi karena para pelaku bisnis industri agrokimia melihat penggunaan herbisida dalam usaha budidaya pertanian semakin meningkat, maka peluang bisnis ini semakin terbuka lebar.
Demi kepraktisan, para petani atau pelaku usaha budidaya pertanian lebih memilih menggunakan cara kimia_menggunakan herbisida_daripada menggunakan cara manual dalam usaha pengendalian gulma. Semakin sering bahan kimia herbisida yang sama diaplikasikan secara terus-menerus menyebabkan gulma menjadi kebal/resisten terhadap bahan kimia tersebut. Sama halnya dalam pengendalian hama dan penyakit tanaman, penggunaan bahan kimia insektisida dan fungisida yang sama secara terus-menerus, juga akan mengakibatkan adanya resistensi.  Umumnya para petani kemudian meningkatkan dosis aplikasi untuk menyikapi keadaan ini, yang secara otomatis akan meningkat pula biaya yang harus dikeluarkan.
Untuk menyiasati supaya biaya belanja produk herbisida bisa dipangkas, para petani “mencari akal” melakukan coba-coba menggunakan berbagai macam bahan sebagai pengganti herbisida buatan pabrik atau sebagai campuran sehingga herbisida yang digunakan efikasi-nya (kemampuan "membunuh" gulma) meningkat. Bahan-bahan yang digunakan mudah didapat dan harganya juga murah. Dengan adanya campuran tersebut penggunaan herbisida lebih ngirit (dosis lebih rendah) namun hasilnya memuaskan. Dengan demikian biaya yang dikeluarkan juga lebih ngirit.
Berikut beberapa resep  yang dikutip dari http://tanimakmursejahter.blogspot.com/  

1. RESEP 5in1 (Five in One) alias GUS BenSol

Resep ini bisa saja diberi nama Racun Rumput FiO, atau Racun Rumput GUS BenSol. FiO artinya Five in One, sedangkan Gus Bensol maksudnya Garam Urea Sabun serbuk Bensin dan Solar. Mungkin nama yang enak didengar adalah Racun Rumput GUS BenSol, biar keren dan mudah terkenal. Bagaimana?

Bahan-bahan yang diperlukan :
1. Bensin 1 liter
2. Solar 1 liter
3. Garam 1 kg
4. Urea 1 kg
5. Sabun Serbuk 1 kg

Cara membuat :
1. Semua bahan-bahan di campur satu persatu, mulai dari bensin dan solar dalam satu wadah.
2. Pada wadah yang lain kemudian garam dan urea serta sabun serbuk dicampur.
3. Wadah satu yang berisi campuran bensin dan solar dicampurkan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk-aduk dituangkan pada wadah kedua yang berisi campuran garam, urea dan sabun serbuk.
4. Pengadukan dilakukan terus-menerus sampai campuran tadi menjadi larutan yang menyatu.
5. Bahan racun rumput (FiO) Five in One alias GUS Bensol siap digunakan. Simpanlah pada wadah yang aman dan tertutup jauhkan dan hindarkan dari nyala api, karena bahan ini mudah terbakar.

Cara Penggunaan :
Cara penggunaan sama dengan penggunaan herbisida/racun rumput lainnya. Yaitu kalau kita ingin menyemprot dengan pompa sprayer berisi 15 liter air campurkan sekitar 50 cc obat racun rumput FiO Gus Bensol ini. Kalau dirasa kurang hebat ditambah sedikit dosisnya juga bisa sampai sekitar 200 cc (atau satu gelas wadah aqua) dalam tangki sprayer 15 liter (ada juga tangki yang 16 sampai 18 liter).

No comments:

Post a Comment