Sunday, December 23, 2012

Peneresan Lahan dan Penanaman PB269 Bangun Slamat

Pada Bulan September - Februari 2012-2013, dilaksanakan Peneresan Lahan dan sekaligus dimulai Penanaman bibit karet Klon PB269.

Peneresan di Lahan kemiringan 0-45 derajat dilakukan oleh Pak Miswan dan teman teman. Situasi medan tidak mudah oleh karena gelimpangan kayu, gulma.

Dijumpai juga tapak tapak rusa dan kijang sebagai hama potensial yang cukup serius.

Sampai Bulan Desember Penanaman sudah dilakukan sebanyak kurang lebih 1700 bibit dari rencana 5000 bibit. Direncanakan Peneresan dan Penanaman akan selesai pada Februari 2013.

Oleh karena arahan pelaksanaan berasal dari Bandung, maka saya agak mengalami hal yang cukup menantang untuk mengomandani pembukaan lahan ini yang penuh lika liku, ada potensi kebocoran anggaran dan kurang singkron.

Untuk memperlancar tugas, komandan diganti dari Pak Sutar menjadi Pak Mol. Adapun petugas lapangan masih dipercayakan kepada Pak Miswan, dan Sutarmin sebagai pelapis.

Pak Sutar lagi seleksi bibit PB260 di Pulo Dogom

Bibit PB260 Penanaman September 2012

Lajur Teresan setelah Penanaman September 2012

Situasi teresan yang dibuat medio September 2012 dan telah ditanam bibit yang tumbuh setingkat. Di sini seterusnya pekerjaan perawatan, meliputi semprot, babat dan pemupukan selama kurun waktu 4 tahun akan dilaksanakan. 

 Gubuk Sederhana Selesai pada Desember 2012 

Gubuk ini tempat bernaung dari panas dan hujan, berehat atau menginap akhirnya selesai juga. Menghabiskan dana kurang lebih 4.3 juta, selesai pada Des'12. Mudah-mudahan bisa mempecepat kerja di lapangan.

Medan Lahan yang Penuh Tantangan, diambil Desember 2012
Lahan kita berserak kayu bekas kimasan dan gulma setinggi 1 sampai 2 meter. Pekerjaan butuh kesabaran dan kerja keras. Ditargetkan Feb'12 sudah selesai peneresan dan penanaman Karet Klon PB260, sebanyak 5000 batang.

Adi sedang menanam di Lapangan Des'12

Si Suratmin dan Adi melakukan tugas lapangan dengan tugas pokok menanam bibit, membuka lajur datar dan menyemprot. Perjalanan PP selama 1 jam 10 menit sekali jalan merupakan ujian kesabaran. 
Ini adalah penanaman PB260 lajur kiri gubuk. Di sini juga pada Des'12 telah disemai 2000 biji klatak untuk cadangan sisip dan penanaman 2013.


Anto dan L Mol sedang Tahap Land Clearing dan Membangun Barak Des'12

Pak Mol dan Anto anaknya menjual lahan 1 ha di Londut seharga 140 juta, bersih 120 juta. Dana itu kemudian dialokasikan untuk pembelian lahan sebanyak 6 ha. Empat ha diantaranya akan siap tanam Februari 2013. Semangat berjuangnya  luar biasa, sukses di depan mata.


PB260 Juhar berumur Dua Tahun Des'12

Karet PB260 Juhar di tanam di Aek Kolim, dua tahun lalu bersama saya dan ayahnya. Umur dua tahun sudah montok dan diperkirakan dua tahun mendatang sudah matang sadap.

Tampak Sisi Bukit Lahan yang masih ditutup Gulma..Des'12

Gambar di atas merupakan tampak Lahan batasan Pak Sutar, merupakan Lahan kemiringan yang populasi gulma dan anak kayu melintang paling berat. Sampai Desember 2012, lahan ini sudah mulai diteres dan disemprot sebelum di tanam.

Rencana penanaman medio Januari 2013. Ditanam oleh Adi cs dan diteres Pak Miswan. Diawasi Pak Mol.









No comments:

Post a Comment